Sistem pelumasan mesin

Standar

Pelumas/oli pada mesin  berguna untuk ;

-Mengurangi keausan mesin

-Mengurangi panas akibat pembakaran dan gesekan mesin
-mengendapkan kotoran-kotoran ke dalam karter
-mengurangi suara berisik pada mesin

Oli/pelumas mempunyai beberapa macam tingkat kekentalan yang menggunakan satuan pengukuran SAE
semakin besar ukuran SAEnya maka akan semakin kental olinya.

Pelumasan pada mesin:
-Sistem percik:Oli dipercikkan dengan sendok percik dari karter ke onderdil-onderdil mesin
-Sistem roda gigi:Pompa oli roda gigi menyedot oli di karter & membagikan ke bagian-bagian mesin dan kembali ke karter

Jalannya pelumasan:Selama mesin hidup,Oli di dalam karter ,Pompa oli menyedot oli dan disalurkan ke bagian-bagian yang membutuhkan oli dan akhirnya kembali ke karter lagidengan membawa kotoran-kotoran.

Oli mesin pada motor 4 takt biasanya menggunakan ukuran SAE 30-50.

Gangguan-gangguan pada sistem pelumasan:
-Oli kurang.akibatnya mesin cepat panas dan bisa mati
-Oli sudah terlalu lama,akibatnya mesin cepat panas dan cepat aus
-oli terlalu kental,akibatnya celah-celah mesin yang sempit tidak terjangkau sistem pelumasan,bisa menyebabkan mesin rusak.

2 responses »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s